Keuntungan Enduro Racing


Brader Sekalian, Oli merupakan hal yang penting buat motor. Di ibaratkan kalo motor itu manusia, maka oli itu adalah darahnya. Yang bertugas memperlancar kinerja mesin motor. Tanpa darah, manusia bisa mati, begitu juga dengan motor. Tanpa oli, motor akan mati, tersedak, macet, nyeket, kepanasan dll. Begitu juga jika darah manusia itu kotor, muka bakal penuh jerawat, badan kurang fit. Di motor juga gitu, kalo olinya udah waktunya ganti, tapi belum juga diganti maka motor akan lemot, terasa tak bertenaga. Kurangnya darah manusia juga berakibat badan jadi Lemah, Letih, Lesuh, Lunglai dan Lemas. Motor juga sama, Kurang oli juga akan bikin mesin cepet jebol…
Meskipun JUPITER Z adalaha motor bebek tapi oli ga kalah sama motor laki, yaitu sama-sama 1 Liter dan dianjurkan pabrik menggunakan oli SAE 20W 40.Usud sering sekali gonta-ganti oli, maklum belum nemuin yang pas. Soalnya kata orang, oli itu cocok-cocokan (Jiah, koyo luruh bojo wae…).
Parameter yang digunakan adalah berdasarkan Kilometer (Km). Usud akan membagi menjadi 3, yaitu 1.000 Km Pertama, 2.000 Km Kemudian dan Diatas 2.000 Km. Biasanya Usud kalo ganti oli ga pernah lebih dari Km 2.500, rata-rata di Km 2.000 dengan toleransi 10% (Kadang Km 1.800 lebih atau Km 2.200 lebih kalo lagi bokek..Xixixixi)
Berikut usut RUDY BENJUT:
PERTAMINA ENDURO 4T RACING SAE 10W 40 Isi 1 L – Semisintetik (36 K)
1.000 Km Pertama

  1. Starter pagi gampang, sekali pencet langsung nyala/mesin langsung langsam.
  1. Tarikan mesin maknyus..!! Enteng..!!
  1. Oli Spesial, wangi knalpot seperti permen karet.
  1. Suara mesin halus.
  1. Perpindahan gigi halus dan mudah, pada pemakaian mesin lebih dari 2 jam agak kasar.
  1. Mesin cepat panas (Mungkin karena oli encer).
  1. Starter tetap gampang.
  1. Rpm mesin cepat naik, wussss lebihenteng..!!
  1. Wangi permen karet mulai hilang.
  1. Suara mesin agak kasar.
  1. Perpindahan gigi mulai terdengar suara “Tek..”.
  1. Mesin lebih cepat panas (Terasa di kaki kalo pakai sandal jepit).
  1. Jadi ga pengin ganti oli/servis dulu. Soalnya tarikan mesin jadi tambah enak
  1. Pas ganti oli, menyusut menjadi kurang lebih 800 Ml.


2.000 Km Kemudian
Agak ngeri juga kalo pake oli encer, karena pada saat penggantian oli di Km 2.ooo oli menyusut jadi 800 Ml. Selalu was-was kalo udah Km segitu..
Kesimpulannya tetap Enduro 4T Racing emang oli Top buat akselarasi mesin, kita untung bangsa untung..
0 Komentar untuk "Keuntungan Enduro Racing"

Back To Top